Air Minum dalam Kemasan AMD - Pabrik AMDK Mesin AMDK

DESALITE® merupakan instalator / kontraktor pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK didasari rancangan teknologi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sumber air dari mata air, sumur bor dll, Desalite terus melakukan penyempurnaan dan pengembangan terus menerus.


Berdasarkan pengalaman teknisi kami dari tahun 2002 (lebih dari 16 tahun) untuk membuat sebuah instalasi pabrik pengolahan air minum untuk air minum dalam kemasan (AMDK) maka kami merancang sistem dengan sangat hati-hati, teliti dan tidak hanya sekedar jadi dan aman untuk pemakaian jangka pendek tetapi juga memperhatikan penggunaan hingga jangka panjang


Instalasi Pabrik Air minum AMDK Desalite Telah digunakan diberbagai wilayah daerah  di Indonesia. Sistem instalasi pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK yang lengkap dengan standar tinggi dengan teknologi sistem penyaringan teknologi terkini yang dapat disesuaikan dengan keinginan para customer kami.


Memberi hasil output kualitas tinggi dan kapasitas optimal serta memastikan hasil output yang memenuhi standar air minum dalam kemasan yang memenuhi syarat dan standar SNI/ISO yand ditetapkan oleh pemerintah Aman untuk dikonsumsi.


Instalasi Pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK merupakan Hasil Rancangan yang presisi menghasilkan sistem yang efektif dan efesien yang dikemas dalam satu kesatuan sistem sehingga memenuhi Standar SNI

 

Adapun acuan standar SNI Terbaru yaitu :

 

Masing-masing standar acuan yang berbeda mengikuti karakterisitik dari teknologi filtrasi dan hasil autput yang diinginkan. Mesin pengolah air minum kemasan yang berbeda akan menghasilkan output dan kualitas yang berbeda pula.

Mengapa Instalasi dengan DESALITE :
1.Perusahaan dengan teknisi yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun (tenaga teknisi dengan jam terbang yang tinggi.

Perencanaan


 

 


Sebelum melakukan instalasi pabrik AMDK / air minum dalam kemasan, kami merancang dan memvisualikasikan dalam bentuk 3D terlebih dahulu, sehingga memastikan  unit sesuai dengan perencanaan dan menekan biaya bongkar pasang dan pemipaan yang terlalu banyak belokan.

Pada tahap ini kami lebih banyak mendiskusikan perencanaan Pemasaran, target pasar, produk, rancangan pabrik, teknologi yang akan digunakan. Dengan tenaga engineer ami yang telah berpengalaman dalam membangun sebuah pabrik hingga berjalan maka kami juga memberi tips dan konsekuensi langkat-langkah antisipasi agar menekan kerugian instalasi pabrik air minum dalam kemasan dalam jangka panjang.

Selanjutnya kami juga akan mendiskusikan material yang akan digunakan, seperti apa, kulitasnya dan cara instalasinya sehingga akan menghasilkan produk yang baik sesuai dengan rencana yang perusahaan bapak/ibu rancangkan

 

Proses Produksi sebuah Pabrik AMDK

Dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan terus terjaga maka perlu proses tahapan untuk menjadikan air itu dari air baku hingga dikemas dan siap didistribusikan.

 

Pengambilan dan Penyimpanan air baku :
proses Penyedotan / pengambilan air baku dari sumber mata air yang secara natural/alami keluar dari tanah / dengan penyedotan dengan pompa. Dapat juga dari sumber air PDAM.
Penyaringan/filterisasi dan sterilisasi pengolahan air minum dalam kemasan:
Proses Filterisasi yang menjadikan air ini merupakan hasil air yang beragam kualitas hasilnya. Proses filterisasi ini memiliki beragam teknologi yang dapat diaplikasikan yang akan kami jelaskan secara detail lebih lanjut.
Pengisian dan Pengemasan air minum kemasan:
Mesin pendukung untuk mengisi air kedalam kemasan yang diinginkan, ini sangat penting untuk tetap mempertahankan kualiatas air minum yang telah diproses tetap pada kondisi terakhir, sistem yang baik akan mencegah pencemaran kembali dalam pelaksaaannya.
Penyimpanan dan Distribusi :
Perlu tempat dan ruang yang cukup serta layak untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dari air minum yang siap didistribusikan.
Teknologi Penyaringan
Dalam merancang sebuah pabrik tidak terlepas dari teknologi yang ingin dijalankan kami bagi dalam beberapa kategori teknologi proses penyaringan :

 

Air Minum Kemasan (AMDK) Mineral

Aplikasi Teknologi Penyaringan

Teknologi yang dapat diaplikasikan untuk proses penyaringan diantaranya adalah :

1. Pra-penyaringan media Makro dan Mikro Filtrasi
2. Membrane Ultrafiltrasi dengan pori 0.01 Mikron 
3. Membrane Nanofiltrasi dengan pori 0.001 Mikron
4. Membrane Reverse Osmosis dengan pori 0.0001 Mikron
5. Proses Oksidasi dan sterilisasi dengan Ozone(O3) dan Ultraviolet
6. Proses Alkali dengan pH Basa 8+ secara hasil output untuk menjadikan air menjadi Antioksidan
7. Penambahan Batuan Mineral dengan Bio-Energy, Tourmaline, magnetisasi dll.

Aplikasi Teknologi Pengisian

Dalam proses pengisian kedalam kemasan sebuah instalasi pabrik AMDK  menjadi sangat kritikal dan penting karena, sebaik-baiknya proses penyaringan bila tidak didukung proses pengisian yang higienis, maka akan terjadi pencamaran kembali karena proses pengisian yang tidak baik. Maka Instalator / kontraktor AMDK perlu menjaga proses dari pemipaan hingga ke unit pengisian :

Adapun sistem Pengisian Pabrik AMDK terbagi mejadi 3 yaitu :

1. Sistem Pengisian GALON (19 liter)
    - Pengisan Otomatis, Manual dan semi otomatis

2. Sistem Pengisian BOTOL (330ml., 600 ml., 1500ml.)
    - Pengisian Otomatis,  Manual dan Semi otomatis
    - Neck leher botol Long Neck atau Short Neck

    - Sistem otomatis hanya tersedia dengan sistem Cuci, Isi dan cupping 8-8-4, 12-12-5, 16-16-6

3. Sistem Pengisian Gelas (220ml., 240ml.)
    - Sistem full automatis dengan kapasitas 4x1 line (sekali pengisian langsung 4 gelas), 4x2 (sekali pengisian langsung 8 gelas) dan 
       8x2 (sekali pengisian langsung 16 gelas)

 

Sistem Air Minum Dalam Kemasan AMDK atau lebih dikenal dengan nama Pabrik AMDK adalah merupakan suatu proses produksi dengan standar tertentu sehingga menghasilkan kualitas air yang lebih terstandar dari waktu kewaktu. Memiliki syarat dan pengawasan yang jauh lebih ketat daripada sistem air minum isi ulang yang sering kita temukan disekitar kita



Sistem Air Minum Dalam Kemasan AMDK atau lebih dikenal dengan nama Pabrik AMDK adalah merupakan suatu proses produksi dengan standar tertentu sehingga menghasilkan kualitas air yang lebih terstandar dari waktu kewaktu. Memiliki syarat dan pengawasan yang jauh lebih ketat daripada sistem air minum isi ulang yang sering kita temukan disekitar kita

Kami menyediakan Mesin Air Minum Dalam Kemasan Pabrik AMDK dengan kualitas beragam dengan standar SNI, ISO sehingga kami memberi garansi bahwa Instalasi dan mesin sistem Air Minum Dalam Kemasan Pabrik AMDK yang kami berikan menjamin bahwa akan memenuhi standar yang dibutuhkan

Standard SNI 01-3553-2006

air minum dalam kemasan AMDK

 

air minum oksigen
Keterangan gambar (Sistem Reverse Osmosis) kapasitas 1.000 gpd atau 200 galon Indonesia/24 jam

Kini kami hadir dengan PAKET yang lebih menarik ...

PAKET HEMAT MESIN AMDK, REVERSE OSMOSIS SYSTEM :

1. Sistem Air minum dengan sistem instalasi yang memenuhi standard SNI dan BPPOM RI.
2. Kapasitas mulai dari 1.200 galon (19 liter) per hari 24 jam atau 1000 liter/jam
3. Sistem Instalasi PVC Pre-treatment hingga pemipaan dari bahan Stainless steel Sanitary 304 yang melebihi standard minimal perijinanan.
4. Sekat pembagian ruang (optional) kami akan memberikan konsultasi.
5. Perlengkapan laboratorium sebagai syarat sebuah pabrikasi Air Minum
6. Memberikan konsultasi untuk proses dan tahapan-tahapan perijinan


Sistem Reverse Osmosis
Kapasitas 1.8m3/jam untuk pabrik AMDK


Mesin Pengisian Galon pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK kapasitas 6 galon/mnt
puroxa
Mesin Reverse Osmosis pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK tampak samping

Ruang Mesin pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK

Ruang Pengisian pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK

Ruang Distribusi Galon pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK
standar SNI
Raung Mesin pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK
sentani jayapura
Sistem Pengisian Galon pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK
air minum dalam kemasan
Ruang Mesin pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK

Unit Reverse Osmosis & Injeksi O2 pabrik AMDK


Sistem Reverse Osmosis pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK


Ruang Mesin pabrik Air Minum Dalam Kemasan AMDK

Sistem Distribusi galon untuk pabrik AMDK
AMDK
Mesin pabrik amdk Reverse Osmosis tampak depan


Industrial Reverse Osmosis

AMDK
Mesin pabrik amdk Cup 4 line
AMDK
Mesin pabrik amdk Cup 4 line

Filter Pre-treatment

Syarat mendirikan Sebuah Pabrik AMDK Air Minum Dalam Kemasan:

Berdasarkan peraturan yang berlaku, pabrik AMDK wajib memiliki sertifiikat SNI dan memberikan cap SNI tersebut pada kemasan AMDK yang diproduksinya. Sertifikat SNI dapat diperoleh dari Departemen Perindustrian dan BPOM doiperoleh melalui Departemen Kesehatan.

?Sebagai informasi, kami perlu ditambahkan pula, bahwa terdapat pula peraturan baru yang berlaku yakni Keputusan Menteri Agama yang telah dikeluarkan pada bulan November 2001 yang mewajibkan perusahaan industri AMDK untuk menempelkan stiker halal pada produk AMDK.

Legalitas mendirikan Pabrik AMDK :

1. Sertifikat merk Produk (patent merk) dengan pengajuan pada Dirjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual0 dengan kualifikasi untuk air minum klas 32 .
2. SIPA (Surat Ijin Pengambilan Air) atau IPATEK milik sendiri atau dari supplier air gunung dari pihak ketiga.
3. Hasil Uji Laboratorium yang mengacu pada PERMENKES No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum
4. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
5. IUI (Ijin Usaha Industri) atau TDI (Tanda Datar Industri) terlampir IMB bangunan, IMB rumah tinggal tidak bisa untuk pengajuan IUI/TDI6
6. SIUP
7.NPWP

Perlengkapan Laboratorium pendirian Pabrik air minum dalam kemasan AMDK:

  1. Instrument/alat pengukur/alat uji
  2. TDS Meter, untuk mengukur kadar konduktivitas dan logam terlarut
  3. Turbidity Meter, untuk mengukur kekeruhan
  4. Ozone tester kit, untuk kadar ozone dan free clorine
  5. Oven, untuk pengeringan dan sterilisasi kering
  6. Incubator, untuk inkubasi dan penyimpanan media atau reagen pada sushu tertentu dan tetap.
  7. Autoclave, untuk sterilisasi basah media microbiology dan alat laboratorium lainnya
  8. Timbangan digital, untuk menimbang media microbiology dan material lainnya
  9. Colony Counter, Menghitung jumlah bakteri
  10. PH Meter, mengukur kadar asam basa
  1. Alat-Alat Gelas / Glassware2
  2. Buret + klem (1)
  3. Statip (1)
  4. Thermometer (1)
  5. Beaker glass (250 dan 500ml)
  6. Erienmeyer (100,250,500ml)
  7. Tabung reaksi (30)
  8. Tabung durham (30)
  9. Rak tabung reaksi (1)
  10. Gelas ukur (100 dan 200ml)
  11. Pipet kapiler
  12. Petridisk (20pcs)
  13. Pipet ukur
  14. Labu takar
  15. Corong kaca
  16. Lampu spiritus
  17. Pipet gondok
  18. Botol reagen ulir
  19. Kasa asbes
  20. Kaki tiga
  21. Sendok ss
  22. Botol semprot

Peralatan Mikrobiologi

Alkohol, spiritus, aquadest, kapas, alumunium foil. Sampul coklat, jas lab, masker, sarung tangan, topi

  1. Media Mikrobiology
  2. Media PCA (Plate Count Agar) untuk menghitung angka lempeng total mikroorganisma dalam makanan, minuman dan air limbah
  3. Media LB (Lactose Broth) untuk mendeteksi coliform dalam air, makanan dan produk susu beserta olahannya
  4. Media BGLB (brilliant green lactose bile broth 2%) untuk deteksi dan uji konfirmasi bakteri coliform dalam air bersih, ari limbah, makanan, susu dan produk olahan susu

Aplikasi dan Pelaksanaan dokumen sistem manajemen mutu pendirian Pabrik air minum dalam kemasan AMDK:

1. Prosedur Kerja
2. Instruksi/perintah kerja
3. Formulir dan catatan mutu (logsheet)
4. Pedoman Mutu
5. Formulir data Perusahaan
6. Formulir Permohonan dari SNI


Media Filter (makro filtrasi) untuk Pabrik AMDK

Alkaline Media Filter (antioksidant Media) untuk Pabrik AMDK

Post Filter & Ultraviolet untuk Pabrik AMDK

Reverse Osmosis system + EDI untuk Pabrik AMDK air minum dalam kemasan


Mesin Pengemas Gelas pabrik air minum dalam kemasan AMDK

 


Mesin Pabrik AMDK Pengemas Botol

Mesin Pabrik AMDK Pencucian Galon

Filter Pabrik AMDK Ultrafiltrasi 0.01 Mikron

Teknologi Yang digunakan dalam pendirian pabrik AMDK air minum dalam kemasan:

Kami bagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

1. Pabrik AMDK Sring Water - memperoleh air dari sumber mata air atau arthesis, dan diproses dengan tetap mempertahankan kandungan mineral yang terdapat didalamnya, pada sumber mata air ini kondisi air sangat penting dan diperlukan sumber mata air yang terlindungi, jauh dari pencemaran bakteriologi maupun kimia.

2. Pabrik AMDK non mineral - merupakan air dari sumber mata air atau arthesis, diproses dengan menggunakan teknologi pemurnian seperti Reverse Osmosis sehingga menghasilkan air dengan kadar mineral yang sangat rendah dibawah 10-30PPM, perlu diketahui pada penyaringan ini sangat diperluakan penyeimbang PH untuk mencegah kondisi pH yang cenderung Acid.

3. Pabrik AMDK dengan kategori khusus /pangan khusus, pada umumnya proses penyaringan bisa merupakan kondisi 1 dan 2 tetapi ada penambahan seperti oksigen, alkali dengan pH basa (7.8<air minum alkaline <8.5) angka tersebut yang kami rekomendasikan karena bila lebih tinggi akan memperberat kerja ginjal apabila air minum dikonsumsi sebagai air minum harian), penambahan batuan-batuan natural khusus untuk meningkatkan kualitas air, magnetisasi pada air dan bio energy

Pada Proses ini dengan acuan SNI 3553: 2015 tetap mempertahankan kualitas mineral yang ada dari sumber mata air, tanpa dengan tetap mempertahankan kealamian kandungan mineral yang baik. Proses filter prsoses air minum dalam kemasan (AMDK) dapat terinstal dengan kondisi full stainless steel atau sebagian tergantng pada budget atau anggaran yang tersedia , Juga kapaistas terpasang dari 3-4m3/jam hingga 40m3/jam.. tergantung kebutuhan dan target yang diinginkan.

 

Air Minum Kemasan (AMDK) DeMineral / Non Mineral

 

 

 

 

Pada Proses ini dengan acuan SNI 2641:2015 membuangan sebagian besar atau seluruh mineral yang ada   dari sumber mata air/sumur bor atau PDAM, tanpa mempertahankan kandungan mineral yang ada. Proses filter prsoses air minum dalam kemasan (AMDK) dapat terinstal dengan kondisi full stainless steel atau sebagian tergantng pada budget atau anggaran yang tersedia … Juga kapasitas terpasang dari 1.5m3/jam hingga 25m3/jam.. tergantung kebutuhan dan target yang diinginkan.

 

Air Minum Kemasan (AMDK) Mineral beralkali

 

 

Pada Proses ini dengan acuan SNI SNI 3553: 2015 membuang sebagian besar atau seluruh mineral yang ada   dari sumber mata air/sumur bor atau PDAM lalu ditambahkan mineral yang bersifat alkali. Proses filter prsoses air minum dalam kemasan (AMDK) dapat terinstal dengan kondisi full stainless steel atau sebagian tergantng pada budget atau anggaran yang tersedia … Juga kapasitas terpasang dari 1.5m3/jam hingga 25m3/jam.. tergantung kebutuhan dan target yang diinginkan.
Teknologi yang dapat diaplikasikan untuk proses penyaringan diantaranya adalah :
1. Pra-penyaringan media Makro dan Mikro Filtrasi
2. Membrane Ultrafiltrasi dengan pori 0.01 Mikron 
3. Membrane Nanofiltrasi dengan pori 0.001 Mikron
4. Membrane Reverse Osmosis dengan pori 0.0001 Mikron
5. Proses Oksidasi dan sterilisasi dengan Ozone(O3) dan Ultraviolet
6. Proses Alkali dengan pH Basa 8+ secara hasil output untuk menjadikan air menjadi Antioksidan
7. Penambahan Batuan Mineral dengan Bio-Energy, Tourmaline, magnetisasi dll.
Aplikasi Teknologi Pengisian
Dalam proses pengisian kedalam kemasan sebuah instalasi pabrik AMDK  menjadi sangat kritikal dan penting karena,
sebaik-baiknya proses penyaringan bila tidak didukung proses pengisian yang higienis, maka akan terjadi pencamaran kembali
karena proses pengisian yang tidak baik. Maka Instalator / kontraktor AMDK perlu menjaga proses dari pemipaan hingga ke unit pengisian :
Adapun sistem Pengisian Pabrik AMDK terbagi mejadi 3 yaitu :
galon, pengemas galon baik secara auto dan manual.
Sistem pengisian Mesin AMDK Gelas : terdiri dari satu sistem yang terintegarsi secara auto dari penisian hingga pengemasan. kami juga mengerjakan support sistem untuk mempermudah proses packaging dengan table top chain.
Sistem pengisian AMDK botol yang terdiri dari proses pencucian botol, , pengisian botol, cupper, shrink tunnel baik secara auto dan manual.

1.Sistem Pengisian GALON (19 liter)
Mesin pengisian galon otomatis ini tidak perlu repot lagi untuk melakukan kegiatan secara manual, semua telah diambil alih oleh mesin secara otomatis, lebih higienis dengan kualitas pencucian yang standar. Mesin Pengisian galon otomatis ini memiliki kapasitas

1 Line dengan kapasitas 100-125 galon (galon 19 liter)per jam
2 Line dengan kapasitas 250-300 galon (galon 19 liter)per jam
3 Line dengan kapasitas 400-450 galon (galon 19 liter)per jam
4 Line dengan kapasitas 550-600 galon (galon 19 liter)per jam
6 Line dengan kapaistas 850-900 galon (galon 19 liter)per jam

 

2. Sistem Pengisian BOTOL (330ml., 600 ml., 1500ml.)

    - Pengisian Otomatis,  Manual dan Semi otomatis
    - Neck leher botol Long Neck atau Short Neck
    - Sistem otomatis hanya tersedia dengan sistem Cuci, Isi dan cupping 8-8-4, 12-12-5, 16-16-6

3. Sistem Pengisian Gelas (220ml., 240ml.)

- Sistem full automatis dengan kapasitas 4x1 line (sekali pengisian langsung 4 gelas), 4x2 (sekali pengisian langsung 8 gelas) dan 8x2 (sekali pengisian langsung 16 gelas).

 

Tahapan Pemurnian


1. Media Makro dan Mikro Filtrasi.

Instalasi Filter Tabung Media dari bahan dengan berbagai pilihan Stainless Steel 304 /316,atau FRP yang menjamin kualitas air dan daya tahan penggunaan hingga puluhan tahun, dirancang dan dibuat dengan memperhatikan detail sehingga pabrik Anda memiliki kualitas yang baik dan memiliki nilai.

 

2. Filter Ultrafiltration dari ULtrafilt® (OPTIONAL).

Kami hanya menggunakan Sistem Ultrafiltrasi dari ULtrafilt® yang telah teruji menyaring TSS dan mengurangi kekeruhan dan dapat menyaring Bakteri dan Patogen dilengkapi sistem pembersihan yang mencegah pemampatan membrane lebih awal.

 

    3. Mesin Reverse Osmosis System DESALITE® 

     

    Mesin AMDK / Sistem filtrasi yang menyaring hingga menjadikan AMDK ( Air Minum Kemasan ) memiliki tingkat pemurnian yang tinggi yang dilengkapi sistem CIP (Clean in Place), yang menjadikan membrane memiliki umur yang lebih panjang. Juga kami lengkapi sistem pengdukung atau pelengkap seperti pH balance untuk meningkatkan pH setelah proses RO,remineraliasi atau pemurdian dengan EDI (elektronik Deionisasi).

     

    4. Mesin Ozone Generator dan UltraViolet DESALITE® 

     

    Merupakan sistem sterilisasi dan pengawet yang menjadi standar Instalasi Pabrik AMDK di Indonesia dengan kadar sesuai rekomendasi
    Sistem pengisian Mesin AMDK Galon: terdiri dari proses pencucian galon, pembilasan galon, pengisian 6. Alkaline Filtrasi, Bio energy, dan premium Produk

     

Kami juga merancangkan sistem untuk produk-produk Air Minum Dalam Kemasan AMDK klas khusus atau premium seperti air beralkaline, bio energi, magnetisasi dan oksigen nano bubble (menghasilkan bulir-bulir oksigen super halus hingga bulir oksigennya menyerupai susu). Untuk Pabrik AMDK air minum dalam kemasan kualitas premium dengan beberapa konsumen kami telah berhasil menjual dalam skala nasional hingga telah diekspor ke luar negeri.
7. PLC dan automatisasi :Untuk sistem Pabrik AMDK air minum dalam kemasan dengan teknologi tinggi hingga penggunaan PLC (Programable Logic Control) kalau memang diperlukan kami dapat lakukan perancangan dan desain proses kerja sehingga menghasilkan sebuah pabrik air minum dalam kemasan dengan teknologi tinggi dan mengurangi campur tangan manusia

Bagaimana kami melakukan instalasi AMDK pabrik Air Minum Dalam Kemasan?

 

Kami merancang desain mesin AMDK Pabrik Air Minum Dalam Kemasan  dengan sistem pemipaan dimana setiap sambungannya kami perhatikan kualitas sambungan tersebut sehingga instalasi pemipaan tidak menjadi sumber masalah baru dan menjadi sarang bakteri berkembang biak.

 

 

DOWNLOAD BROSUR INSTALASI PABRIK AMDK

(Note : kirimkan email dan data Anda untuk dapatkan PDF?password)

Download Permenkes No 492/MENKES/PER/IV/2010


KENAPA HARUS DESALITE ???????
Banyak yang lebih murah ..... tetapi apa alasan kuat Anda harus bersama kami ????

Apakah sekedar murah menjadi keputusan Anda untuk memiliki sebuah Pabrik AMDK, tentu tidak, bukan ?
yang Anda Cari tentunya adalah sebuah HARGA yang Optimal bukan ????

Mendirikan sebuah Pabrik AMDK seperti membeli sebuah Mobil .... sama2 bisa jalan tetapi daya tahan, model , kerapihan, kualitas yang membedakannya..
Kualitas juga tidak hanya sekedar teknologi filter yang dibunakan.... tetapi bagaimana teknologi itu diinstalasi dengan cara yang baik dan benar .... juga perlu diperhatikan ... melakukan instalasi dengan bahan material yang memang sudah terstandarisasi.

Bila Anda ingin mendirikan pabrik AMDK dengan kualifikasi yang terbaik ....
1. Pabrik AMDK yang tidak hanya sekedar lulus SNI atau BPOM saja ... tetapi memang ingin mendirikan pabrik AMDK yang selayaknya pabrik yang memperhatikan GMT (Good Manufacture Practices) ... mendekati kualitas pabrik-pabrik besar yang berskala Nasional ?
2. Memiliki Budget minimal untuk kualitas pabrik yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mendirikan pabik AMDK

Kasus Intalasi yang Umum Intalasi Desalite Dampak
Pipa awal pada Pra penyaringan PVC Stainless steel 304L Sanitary tidak Foodgrade bila menggunakan PVC
Kualitas bahan Stainless steel SS 304 Schedule
pori >0.8 Mikron
Minimal SS 304L Sanitary
pori <0.8 Mikron
Resiko bakteri / koloid menempel pada dinding-dinding pipa
Instalasi pipa Banyak sambungan dengan drat sanitary welded minim drat hingga 100% bebas drat Drat sumber utama tempat bakteri bersarang
Kualitas las Halus hanya permukaan luar pipa Halus permukaan luar pipa dan dalam pipa Karena yang dipakai pada pipa stainless adalah bagian dalam maka prioritas utama adalah kehalusan bagian dalam pipa
Tabung media Stainless steel 201 Stainless steel 304 Lebih tahan karat dan awet
Pompa Stainless steel casing tetapi impeler/kipas non stainless steel full stainless 304 tidak semuanya dari bahan stainless steel dan foodgrade
Sanitasi Bahan belum tentu foodgrade, bahkan banyak yang tidak melakukan pasivation pada saat instalasi Menggunakan bahan yang terstandar , sertifikasi keamanan makanan dan minuman resiko sisa2 bahan las yang mengandung racun sering tertinggal sehingga cukup lama pembersihannya untuk menjadikan aman
Tabung media Stainless steel 201 Stainless steel 304 Lebih tahan karat dan awet
Sterilisasi Menggunakan ozone dan UV Menggunakan ozone + Oksigen dan UV Memiliki hasil ozone yang lebih bersih dan kuat
Elektirkal Tanpa support dan kabel tray Menggunkan kabel tray Meningkatkan keamanan dari korsleting
Perencanaan Langsung dilakukan instalasi Draft gambar Desain 3D,
layout mesin
Mencegah konflik dikemudian hari akibat tempat, lokasi yang tidak seesuai, serta cara instalasi yang tidak memenuhi keinginan pembeli

Kualitas Detail pabrik Instalasi Desalite


Kualitas hasil argon welding bagian dalam pipa tanpa poles


Kualitas hasil argon welding bagian dalam pipa tanpa poles


Jenis Pipa Sanitary 304L, dengan minimaliasi drat sambungan

Jenis Pipa Sanitary 304L, dengan minimaliasi drat sambungan
   

 

Bisnis pabrik air minum dalam kemasan AMDK
Bisnis Pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) merupakan suatu peluang bisnis baru, Desalite Tirtamas Teknologi merupakan perusahaan air minum yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Dengan di dukung oleh tenaga kerja yang berpengalaman dibidangnya, kami membuat sistem mesin pabrik air kemasan amdk sesuai dengan keinginan pelanggan kami.
Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik AMDK dari paket yang standard sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa system yang terkini, antara lain:

  1. Pre-treatment system
  2. Reverse osmosis
  3. Ultraviolet Sterilisasi unit
  4. Ozon Sterilisasi unit
  5. Alkaline water system
  6. Hexagonal water system
  7. Anti oxidant water system
  8. Magnetisasi Far Infrared ion
  9. Depot air minum isi ulang
  10. Mesin RO

Perkenalan awal Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Air Minum Dalam Kemasan AMDK adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa bentuk, antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Gallon 19liter maupun ukuran kemasan lainnya. Air kemasan AMDK mempunyai peranan yang sangat penting didalam kehidupan bermasyarakat saat ini. Disaat kebutuhan air yang benar benar layak semakin sulit didapat, berbagai jenis Bisnis pabrik air minum dalam kemasan banyak ditawarkan oleh industri air minum baik yang dari skala kecil hingga skala yang besar.
Beberapa tahun sebelum Air Minum Dalam Kemasan AMDK dapat ditemukan dengan mudah, masyarakat mengolah sendiri air yang akan mereka konsumsi dengan memasaknya terlebih dahulu guna membunuh bakteri atau virus yang terdapat dalam air yang akan dikonsumsi.
Tetapi dengan perubahan jaman dimana perindustrian banyak terdapat dimana-mana, mengakibatkan banyaknya limbah yang dibuang ke berbagai saluran pembuangan. Hal tersebut diperburuk dengan pembuangan limbah yang tidak ditangani dengan benar dan disertai pengawasan dari badan terkait yang tidak dilaksanakan secara intensif.
Hal tersebut akan mengakibatkan kualitas sumber air yang ada semakin buruk. Oleh karena itu, kita tidak dapat mengolah air minum hanya dengan merebusnya sampai mencapai titik didih 100%. Dengan meningkatnya biaya sumber energi yang digunakan untuk memasak, serta aktifitas yang semakin penuh, mendorong masyarakat untuk lebih memilih menggunakan air kemasan AMDK.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menjalankan  Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Untuk memasuki industri Pabrik Air minum amdk, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha tersebut dalam membangun Bisnis pabrik air minum dalam kemasan, antara lain: Sumber bahan baku air, Lokasi pabrik, Pangsa pasar dan kebiasaan dari konsumen.

1. Sumber bahan baku bisnis Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Bahan baku air yang akan diolah merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan apakah pabrik air minum amdk yang dijalankan akan berhasil atau tidak. karena kondisi bahan baku air sumber akan mempengaruhi Rasa dari air hasil dan biaya produksi bisnis pabrik air minum dalam kemasan tersebut. Saran kami, sebelum memulai usaha pabrik air minum AMDK, alangkah lebih baik kalau terlebih dahulu dilakukan uji laboraturium air sumber tersebut, dan dipastikan mendapatkan sumber air yang baik kualitasnya. Sehingga Pabrik amdk dapat di bangun tanpa mengeluarkan investasi yang terlalu besar.

2. Lokasi Pabrik atau perusahaan Air Minum Dalam Kemasan

Lokasi pabrik / perusahaan merupakan faktor kedua yang harus dipertimbangkan dalam membangun pabrik air kemasan amdk. Beberapa hal yang perlu diketahui oleh pengusaha Pabrik, antara lain:

3. Pangsa pasar bisnis bagi perusahaan air minum kemasan harga

Untuk mendukung agar pabrik amdk lebih cepat berkembang, maka diperlukannya analisa akan pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan. Untuk mendukung agar industri air kemasan yang dijalani perusahaan lebih cepat berkembang, maka diperlukannya analisa akan pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan.

Pangsa pasar terbagi 3, antara lain:

Dengan ditentukannya pangsa pasar, maka perusahaan akan dapat menentukan jenis produk yang akan ditawarkan kepada pangsa pasar tersebut dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti: harga, kemasan dan teknologi yang akan digunakannya.

4.  Kebiasan dari konsumen

Faktor lain yang perlu diperhatikan, pada saat Pabrik AMDK hendak menentukan produk yang akan dibuat adalah dengan memperhatikan kebiasaan pada konsumen. Setiap teknologi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut akan mempengaruhi rasa dari air minum yang diproduksi. Disini kepekaan dari perusahaan diperlukan untuk mempelajari kebiasaan dari konsumen tersebut, sehingga perusahaan amdk dapat dengan tepat sasaran memproduksi produk air minum kemasan amdk dengan tepat, sehingga produk tersebut dapat diterima oleh pangsa pasar. Salah satu contoh: Saat ini banyak diterapkan teknologi RO dalam pengolahan air pada Pabrik AMDK. yang akan menghasilkan air yang kualitasnya hampir mendekati murni. Dan tidak semua pangsa pasar mempunya selera yang cocok dengan rasa air reverse osmosis yang cenderung murni.
tetapi tidak semua kalangan masyarakat terbiasa untuk meminum air hasil pengolahan air RO tersebut, meskipun dari segi kualitas, RO saat ini adalah sistem penyaringan paling baik. oleh karena itu diperlukannya sosialiasi dan edukasi bagi masyarakat terutama pembeli kaitannya dengan faktor kebiasaan konsumen.

5. Strategi Marketing

Tenaga penjualan merupakan ujung tombak perusahaan. Tanpa strategi marketing yang baik, perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Banyak cara yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam melakukan pemasaran, antara lain: Brosur, Multi level marketing, Iklan, Bonus, promo maupun hadiah kepada distributor. Pada awal pemasaran, kami sarankan si pelaku usaha terlebih dahulu membidik segmen tertentu atau daerah pemasaran tertentu dengan alasan supaya lebih fokus. Dengan mempelajari peluang peluang maupun hambatan yang ada, maka perusahaan dapat menerapkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan pangsa pasar yang dimasuki. Pada beberapa daerah, strategi marketing dapat berbeda, karena setiap daerah memiliki karakter dan budaya masyarakat yang berbeda pula. Oleh karena itu, pengusaha pabrik amdk perlu strategi yang matang sebelum memasuki daerah tertentu.

Bisnis Pabrik Air Minum Kemasan amdk
Perusahaan air minum kemasan yang biasa juga disebut pabrik amdk merupakan salah satu peluang usaha yang sangat berkembang pesat belakangan ini. Meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap air minum yang layak di tengah-tengah minimnya sumber air minum yang hiegenis. Mendorong masyarakat, baik individu, rumah tangga, perkantoran dan industri untuk ramai-ramai beralih membeli produk pada pabrik air kemasan amdk yang diolah secara higienis dan profesional.
Bermacam-macam keunggulan atau jenis produk yang ditawarkan oleh setiap merek air kemasan. seperti air mineral, air reverse osmosis, air hexagonal, air alkali, air bio energy dan air destilasi dan beberapa jenis pengolahan air lainnya. Masing-masing jenis air tersebut diklaim mempunyai kelebihannya masing-masing. Faktor efisiensi  yang didapatkan oleh masyarakat apabila menggunakan air kemasan amdk juga sangat berpengaruh dalam mempercepat pertumbuhan industri AMDK, sehingga perkembangan industri air minum kemasan amdk ini berkembang dengan sangat pesat dipasar indonesia.

Dalam membangun Bisnis Pabrik air minum dalam kemasan amdk terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh si pelaku usaha. antara lain:.

Desain dari pabrik air minum amdk merupakan perencaan awal

A. Desain dari bangunan Bisnis pabrik air minum dalam kemasan Amdk 

 untuk peletakan mesin-mesin ataupun peralatan lainnya sesuai dengan ketentuan dari pemerintah mengenai ketentuan tata letak pabrik air minum kemasan. Sehingga peletakan Mesin AMDK dapat direncanakan dengan baik.

.B. Ijin ijin perusahaan komersil

Untuk Perusahaan atau Pabrik air minum kemasan amdk diperlukan minimal ijin usaha yang berupa CV. dimana untuk membuat CV diperlukan beberapa dokumen untuk menunjang Badan perusahaan tersebut, antara lain: SIUP, TDP, NPWP, AKTA PERUSAHAAN, SIPA, HO dll.

C. Ijin distribusi pabrik air minum amdk

 Pada saat pabrik air minum kemasan mendistribusikan produk air minum kemasan amdk ke distributor atau agen-agen daerah lainnya. maka perusahaan tersebut harus memiliki izin BPOM dan Standar Nasional Indonesia dan dapat dilengkapi dengan sertifikasi KAN, ISO 9000 maupun sertifikat halal. Ijin edar dari perusahaan harus di dapatkan sebelum perusahaan ingin mengedarkan produk mereka. Standarisasi pada sistem pabrik air minum merupakan tidak terlepas dari Departemen kesehatan, Karena Depkes RI merupakan regulator dalam pembuatan beberapa standar.


.
Kode Sertifikasi ISO 9000:2000; Kode Sertifikasi ISO 14.000; Kode Sertifikasi Halal ; Kode Sertifikasi SNI; Sertifikasi KAN; Sertifikat HIGIENE and SANITARY 

D. Beberapa dokumen pendukung pembuatan pabrik air minum amdk

Selain dari dokument yang disebut diatas, sebuah pabrik air minum kemasan amdk juga memerlukan dokumen penunjang. dokument lainnya yang diperlukan adalah Sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang digunakan oleh laboraturium perusahaan. Untuk mendukung mesin AMDK beberapa alat, seperti kalibrasi PH meter, OZONE(O3), Conductivity meter dan peralatan laboraturium lainnya.Dengan dilengkapinya sertifikat kalibrasi dari alat alat laboraturium tersebut, maka pabrik air minum kemasan sudah dapat memulai berproduksi, dan setiap hasil produksinya secara random akan dilakukan pengujian di lab. Sertifikat kalibrasi didapatkan dari badan kalibrasi negara dan proses kalibrasi harus dilakukan setiap tahun untuk setiap alat laboraturiumnya.

E. Peralatan laboraturium Pabrik air kemasan amdk

Salah satu persyatan untuk pengajuan sertifikasi SNI dan Ijin BPOM adalah terdapatnya ruangan laboraturium yang terdapat beberapa alat lab untuk keperluan pengetesan air baik secara Fisika, Kimia maupun biologi, yang dimana Sertifikat SNI akan di keluarkan oleh Departemen Perindustrian. Bagi sebuah Bisnis Pabrik air minum dalam kemasan amdk, ruangan lab dan peralatannya sangat diperlukan untuk mengontrol air hasil olahan tersebut apakah sudah layak atau belum. Laboraturium akan digunakan dalam proses pengujian secara acak atau berkala untuk air sumber yang akan digunakan dalam proses produksi, maupun air hasil yang sudah selesai di kemas. berikut sekilas penjelasan dari kami mengenai air dalam kemasan amdk.

 

Download pdf file
Download berbagai brosur, artikel, informasi dll.

Instalasi Pabrik AMDK | High Rate Clarifier | Mobile WTP | Mobile Clarifier & WTP | Container Clarifier & WTP | Filter Media Residential | Filter MediaIndustrial | Reverse Osmosis Residential |
Reverse Osmosis Commercial | Reverse Osmosis Sea Water? | Persyaratan Teknis AMDK | Permenkes Air Minum | Media Filter dan tabung? | Ultrapure aquadest air murni
Filter Air Bersih dan Air Minum | Reverse Osmosis One Skid | Reverse Osmosis Industrial | UF 0.01 mikron industri | Homespring GE Ultrafiltrasi | Homespring GE Projek
Homespring by GE (Single)